Terkini

Profile 1000 Guru Tangerang





@1000_guru adalah akun twitter inspirasi bagi pendidikan pedalaman dan perbatasan negeri ini. Dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, pada awalnya 1000_guru adalah akun inspirasi dengan memberitakan keadaan realita pendidikan di pedalaman pelosok negeri melalui media social, namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak-anak pedalaman negeri.

1000 Guru Tangerang  merupakan salah satu Regional dari  14 Gerakan 1000 Guru di Indonesia yang resmi  didirikan pada tanggal 10 November 2014 dan dikoordinatori oleh Bagus Abel. Bertepatan dengan hari pahlawan, dimana para pemuda pemudi melaksanakan kegiatan Traveling and Teaching yaitu di sekolah MI Nurul Akbar dengan kondisi fasilitas sekolah yg kurang memadai serta infrastruktur bangunan yg tidak layak. Diawal terbentuknya, Regional Tangerang  terdiri atas  19 orang Tim Inti   yang berasal dari latar belakang Pendidikan dan Profesi yang berbeda-beda namun memiliki kesamaan  tujuan untuk ikut ambil andil dalam usaha “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.
Ada 4 Program Kami: 

  1. Program utama 1000_Guru  adalah Travelling & Teaching (TnT). Kami mengajak semua kalangan baik professional maupun mahasiswa/pelajar untuk ikut berpartisipasi sebagai Guru Sehari di sekolah yang berada di pelosok/pedalaman, khususnya Tangerang dan sekitarnya. Selain menjadi Guru Sehari, kami juga mengajak Peserta TnT Untuk menikmati keindahan alam dan meyaksikan kekayaan budaya warga pedalaman yang masih terjaga ditengah kehidupan modernitas.
2.    Beasiswa Guru Pedalaman, 1000_guru yang berkomitmen untuk membantu kualitas pendidikan untuk anak-anak dipedalaman melalui beasiswa untuk guru-guru lokal yang berdedikasi tinggi namun hanya lulusan SMA dan Sederajat. Mereka adalah tombak perubahan yang akan mengentaskan kebodohan dan kemiskinan masyarakat pedalaman negeri melalui pendidikan.
3.      Pemberdayaan Masyarakat
4.      Kampanye Moral Respect Your Teacher





Untuk 1000 guru tangerang sendiri kami mempunyai program  lainnya:

  • Program MENJANGKAU HARAPAN merupakan salah satu program dari komunitas @1000_guru_TNG  (Regional Tangerang) yang membantu anak-anak sekolah dasar atau sederajad yang tidak mampu  melanjutkan  sekolah atau putus sekolah ke pendidikan formal. Program Menjangkau Harapan  ini akan membantu anak-anak di sekolah  dasar/sederajad dengan membayarkan iuran/SPP uang saku serta ATK selama 1 tahun (dapat di perpanjang).
Sasaran  anak didik (ANDIK) adalah anak anak berusia 7-15 tahun yang hidup dijalanan, baik yang masih mempunyai orang tua ataupun yang telah terpisah dari orangtuanya. Anak anak ini akan di saring melalui pendekatan dan pendampingan yang dilakukan oleh kakak kakak dari komunitas 1000_guru regional tangerang. Kemudian anak-anak ini akan dicarikan sekolah, sesuai dengan usia dan kemampuan mereka. Diberikan biaya untuk seragam sekolah, uang saku dan keperluan belajar. 

Beberapa Kegiatan yang dilakukan dalam program Menjangkau Harapan :
o    BEASISWA SPP       : Berupa uang untuk melanjutkan belajar di sekolah
o    ADIK SHOLEH        : Mewadahi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan agama
o    ADIK BULE              : Mewadahi anak2 untuk mendapatkan pendidikan bahasa Asing    
o    ADIK ROBOT           : Mewadahi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan teknologi
o    BUKU RAPORT       : Pada setiap akhir semester Donatur diberikan buku rapor
o    REKREASI                : Kegiatan bersifat rekreasi edukatif untuk ANDIK

·        Mengajar Sukarela; Program ini adalah program rutin kami setiap minggu yang dilaksanakan setiap Selasa, Jum’at dan Minggu  Dari Jam 19.00 s/d 21.00 WIB. Kami mengajar sukarela untuk anak anak yg kurang mampu di Roemah Tawon  (Tempat Belajar dan Mengajar anak anak Kurang Mampu di Daerah Tanah Tinggi, Tangerang)




Taman Baca 1000 Kata, merupakan salah satu program 1000 guru tangerang juga  yang sudah didirikan di area Roemah Tawon (semoga bisa terealisasikan di tempat lain).  Bermaksud  untuk  menumbuhkan  minat baca untuk para adik adik sejak dini. agar adik adik mempunyai pengetahuan yg lebih luas lagi. Seperti filosofi bahawa Buku adalah Jendela Dunia. Taman Baca 1000 Kata ini juga merupakan Basecamp Bagi Kami 1000 guru Tangerang di Rumah Tawon ini. Sebuah keluarga yang terbentuk  yang bertujuan  untuk mencerdaskan anak bangsa.



Untuk Sekretariat 1000 guru tangerang di :
 Jl. Graha Raya Regency Gg. Kayu Gede 2 H. Muran No. 134 02/04 Pakujaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan. E-mail seribugurutangerang@gmail.com

1 komentar:

  1. Assalamualaikum...salam kenal dr saya utk 1000 guru tanggerang

    BalasHapus

Mata Kota | Hello Tangerang Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.