Terkini

Uniknya Pasar Pisang Tangerang





Tidak banyak pasar pisang di tanah air. Padahal pisang adalah komoditas asal Indonesia yang banyak digemari. Malaysia bahkan menggenjot pisang komoditas pisang untuk diekspor ke Jepang. Indonesia bahkan hanya terheran-heran banyak pisang sunkis asal Cina atau Thailand terus membanjiri pasar Indonesia.

Pisang Indonesia sebenarnya beragam dan tidak kalah dari pisang ekspor. Di Ambon, saya pernah melihat dalam pameran, ada pisang tongka langit yang ukurannya sebesar tangan anak balita. Pisang ini punya khasiat menurunkan panas. Disebut pisang tonka langit, karena buahnya menonjol ke atas, berbeda dari buah pisang umumnya yang tertata ke bawah.

Sayang, pasar pisang ini tidak menawarkan aneka pisang dari berbagai daerah. Juga belum dilengkapi dengan berbagai aneka olahan pisang seperti keripik pisang atau selai pisang. Padahal dua makanan itu juga banyak digemari oleh masyarakat.

Barangkali, sudah saatnya pemerintah daerah di berbagai propinsi mengembangkan pasar-pasar dengan basis komoditas pertanian. Supaya petani kita tidak kalah terus oleh buah impor.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mata Kota | Hello Tangerang Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.