Terkini

Ubek-ubek buku second di Perumnas, Tangerang.



Kalau Jakarta punya Kwitang Senen sebagai pusat jual beli buku murah dan lengkap, kota Tangerang punya Toko Buku Bekas yang nyaris serupa dengan Kwitang. TOKO BUKU BEKAS MEDAN SUMATERA UTARA SIBOLGA NAULI Nama yang cukup panjang untuk sebuah Toko Buku Bekas. Akan tetapi nama inilah yang dipilih oleh Pak Fajarudin yang berasal dari Sumatera Utara Sibolga Nauli.

Kegiatan usaha ini berkisar dari pembelian buku-buku bekas dan menjual kembali buku bekas tersebut. Lokasinya cukup strategis karena bersebelahan dengan SMP/SMA Islamic Center dan beberapa Sekolah  lainnya di daerah Perum Kecamatan Karawaci Kota Tangerang.

Pembeli utamanya adalah pelajar-pelajar yang sedang mencari buku di tiap tahun ajaran baru. Harga murah adalah daya tariknya.

Pada tahun 90’an pak Fajarudin memperjualbelikan koleksi perangko dan kartu kartu Lebaran dan Natal. Pada tahun 95’an inisiatif memperjualbelikan buku bekas diwujudkan, ia mengatakan ide tersebut datang dari Allah SWT. Dengan modal 20 ribu, ia akhirnya membuka lepak di samping sekolahn hingga sekarang.

Buku-buku bekas yang dibeli berasal dari anak-anak gerobak (sebutan pemulung anak-anak yang menggunakan gerobak). Dengan cara membeli borongan 20 ribu – 200 ribu. Kemudian buku tersebut dijual kembali dengan harga yang bervariasi. Untuk buku sekolah dasar ia menjual 5000, untuk sekolah menengah pertama 7500, dan sekolah menengah atas 10000-15000 ribu.

Selain buku bekas, pak Fajarudin juga menjual majalah-majalah lama. Semua majalah dan buku bekasnya disusun dengan rapi di sepanjang lapaknya. Keuntungan berjualan buku pelajaran bekas karena materi yang diberikan tidak banyak berubah, walaupun tampilan dan susunannya mengalami perubahan. Hal yang menarik adalah suasana santai dan tidak ada kendala yang berarti kecuali saat liburan sekolah. Untuk ke depan pak Fajarudin tetap akan berjualan buku bekas.

Alamat: jln. Jalan Ciujung, Tangerang 15116, Indonesia, "Depan Sekolah Islamic Centre Tangerang"








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mata Kota | Hello Tangerang Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.