Terkini

Tangerang Punya Masjid Dengan Ku'bah Terbesar di Dunia





Masjid ini terletak dikawasan pusat pemerintahan (puspem) kota Tangerang, sehingga mengendari sepeda motor dari sekolah hanya memakan waktu sekitar lima menit. Sesampainya dimasjid ini saya harus mengambil karcis masuk parkir. Parkiran yang hijau dengan luas 14.000m2 ini terlihat cukup ramai pengunjung, beberapa pengunjung juga terlihat sedang berfoto-foto dengan latar masjid ini.

Terlihat dari luar sangat megah sekali masjid ini dengan luas bangunan mencapai 5.775 m2 yang berdiri dilahan seluas 2,25 hektar. Keunikan yang terlihat dari luar adalah ku'bahnya yang sangat besar dengan luas 4.250 m2 dan diameter 63,26 m2, bahkan sampai ada yang bilang kubah masjid ini adalah ku'bah terbesar didunia. Ku'bah masjid ini terlihat besar karena merupakan gabungan dari 5 ku'bah yang menjadi satu, yaitu 4 ku'bah penyanggah dan 1 ku'bah utama. Bahkan jika kita melihat dari satelit seperti google maps ku'bah masjid ini terlihat seperti ice cream berwarna biru yang menutupi hampir semua bangunana masjid. Dari luar juga terlihat 4 menara biru yang menjulang tinggi dan disisi kanan teras masjid, ada sebuah beduk besar yang berasal dari Demak, Jawa Tengah, yang dibunyikan sebelum azan shalat dikumandangkan.

Saat memasuki masjid ini, saya langsung melihat masjid yang sangat luas dan leluasa karena tiang penyanggah hanya terleta dipinggir masjid. Bentuk ku'bah yang menyanggah kubah utama inilah yang membuat tiang-tiang masjid ini hanya berada pada pinggir masjid. Lantainya sangat bersih dan memantulkan cahaya dari jendela masjid. Di samping ruang imam shalat, terdapat mimbar yang jaraknya sekitar dua meter dari dinding masjid.

Warna dinding masjid yang berwarna hijau membuat suasana menjadi teduh dan sejuk. Masjid ini mempunyai 2 lantai yang tentunya lantai atas lebih sempit dari lantai bawah karena lantai atas tidak menutupi bagian kubah masjid. Dalam masjid ini juga terdapat perpustakaan bagi pengunjung yang ingin membaca tentang buku-buku Islam dan perkantoran yang terdiri atas ruang sekretariat pengurus masjid.

Jika kita melihat kebagian atas maka terlihat sekali besarnya ku'bah masjid ini yang hampir menutupi seluruh bangunan masjid. Bahkan saya tidak berhasil untuk memotret seluruh kubah masjid dari bawah karena saking besarnya. Ku'bah luas ini berwarna cokelat terang dihiasi dengan kaligrafi-kaligrafi yang sangat indah.

Seusai mengelilingi masjid saya menemukan tempat berwudhu yang terletak dekat pintu masuk utama masjid. Tempat wudhu dan toilet masjid ini sangat terjaga kebersihannya. Walaupun tempat wudhu terletak didalam masjid tapi pencahayaannya sangat bagus dari jendela. Saat ingin memasuki toliet terdapat kubangan air untuk membersihkan kaki.










1 komentar:

  1. masa? bukannya masjid taj mahal yg di india yg terbesar kubahnya? :p

    BalasHapus

Mata Kota | Hello Tangerang Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.