Terkini

Belum Sah ke Tangerang, Kalau Belum Datang ke 6 Tempat Ini

Tangerang lewat budayanya yang kental jadi dengan kota Akhlakul Karimah. Hampir setiap liburan, kota ini ramai dikunjungi pelancong, mungkin termasuk Anda. Tapi jangan bilang pernah ke Tangerang, kalau belum datang ke  tempat ini.

Inilah 6 destinasi wajib yang Anda kunjungi saat ke Tangerang. Cocok untuk dijadikan lokasi menghabiskan akhir pekan Dan bersantai bersama keluarga





1. Masjid Raya Al A'zhom


Siapa yang tak tahu Masjid Raya Al Azhom? Masjid Raya Al A'zhom merupakan Masjid Terbesar dan termegah di Kota Tangerang, Masjid ini menampung jamaah sebanyak 15.000 orang. Yang menarik dari masjid ini adalah dibangun dengan 4 kubah setengah lingkaran yang merupakan Kubah Penyangga dan 1 kubah Utama bagian atas, sehingga dengan adanya kombinasi arsitektur seperti itu tidak diperlukan tiang untuk menyangga Kubah, sehingga kesan didalam ruangan mesjid sangat luas, lapang dan sangat nyaman serta sejuk.
Pesona masjid ini adalah memiliki kemiripan dengan Aya Sofia, Istanbul, Turki yang terkenal sebagai salah satu bangunan yang sangat indah. Keindahan bangunan itu, tak hanya dari kubah dan empatmenaranya yang menjulang tinggi, tapi ukiran-ukiran-nya yang menawan pada bagian interiornya.
Bagi umat Islam yang penasaran dengan bangunan Aya Sofia tersebut, tak perlu berkecil hati bila tak mampu pergi kesana. Sebab, di Indonesia, bangunan sejenis yang sangat mirip dengan Aya Sofia itu sudah ada. Tepatnya di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Lokasinya, tak jauh dari Bandara Soekarno-Hatta. Mungkin hanya sekitar 30 menit sampai satu jam perjalanan.



2. Masjid Pintu Seribu

Masjid yang terletak di Kampung Bayur, Priuk, Jatiuwung, Tangerang ini ramai dikunjungi peziarah karena keunikannya. Pasalnya, masjid yang memiliki nama Masjid Nurul Yakin ini dijuluki dengan nama Masjid Pintu Seribu. Hal itu disebabkan banyaknya pintu yang terdapat pada masjid yang memiliki aneka ragam gaya arsitektur ini. Masjid Pintu Seribu dibangun pada tahun 1978 oleh murid dari Syekh Hami Abas Rawa Bokor bernama Al-Faqir, yang merupakan seorang santri keturunan Arab.






3. Masjid Kali Pasir


Masjid Jami Kalipasir, Tangerang, berada di tengah pemukiman penduduk keturunan Tionghoa. Memiliki bangunan bercorak etnis China, masjid ini disebut sebagai yang tertua di wilayah Tangerang.dibangun pada tahun 1700 oleh Tumenggung Pamitrwidjaja dari Kahuripan. Ketika itu, masjid ini dibangun, selain untuk tempat ibadah umat Islam sekitar, juga sebagai tempat transit para penyebar agama Islam di Tangerang, Banten, dan Cirebon. 






4. Tugu Adipura


Terletak di Jl. M. Yamin, Kota Tangerang, Tugu Adi Pura ini sering di jadikan sebagai Acara Car Free Day tempat Berkumpulnya komunitas- komunitas di tangerang, Biasanya acara  Car Free Day ini diadakan pada minggu ke 4 di akhir bulanya Antusiasme masyarakat wilayah Tangerang memeriahkan Car Free Day sangat luarbiasa.  Mereka mulai dari anak-anak hingga orang tua tumpah ruah mengikuti acara Car Freeday yang berlangsung mulai pukul 06.00 Pagi hingga pukul 11.00 Siang. Bahkan balita dengan kereta bayinya tampak di tuntun oleh orang tuanya di area Car Free day tersebut. 





5. Kelenteng Boen Tek Bio


Berbicara tentang Kelenteng Boen Tek Bio tidak terlepas dari sejarah Kota Tangerang dan keberadaan orang Tionghoa di Tangerang. Walaupun umurnya sudah lebih dari 300 tahun, klenteng ini masih tetap berdiri kokoh. Jika ada berada di kota tangerang sempatkan sejenak untuk berkunjung ke kelenteng ini banyak sekali sejarah dan keunikan yang menarik di kelenteng ini.




6. Pintu Air Sepuluh

Pintu Air Sepuluh Tangerang terletak di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Bendungan Tua ini disebut Pintu Air Sepuluh karena memang memiliki sepuluh pintu air yang lebarnya masing-masing sekitar 10 meter. Letak bendungan ini tak jauh dari Bangunan Bersejarah lainnya yaitu Masjid Pintu Seribu. Jika menuju Masjid Pintu Seribu Tangerang

2 komentar:

  1. yah, sip saya asli orang tangerang, dan saya sangat setuju dengan tulisan Anda, semoga bermanfaat bagi para pembaca :)

    BalasHapus

Mata Kota | Hello Tangerang Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.